Share |





Karakter Iklan

Pertanyaan yang sedikit aneh tetapi menarik adalah "untuk siapa lagu ini dinyanyikan?" siapa yang menjadi objek dalam komunikasi ini? Kadang jawabannya adalah karakter di layar TV. Misalnya motto terkenal untuk iklan Gillette ("Best a man can get"), di mana lagu dalam motto itu ditujukan untuk karakter di TV "You are looking good". Dalam iklan Dr. Pepper, karakter suara bernyanyi kepada audiens dengan lagu "Wouldn't You like to be Pepper too?" perhatikan iklan angkatan darat amerika, "Be all that you can be" atau iklan Lowenbrau, "Here's to good friends". Pengaturan kata-kata ke dalam musik ternyata dapat memisahkan pemirsa untuk berperan sebagai pelanggan defensif karena mereka akan melihat untuk siapa lagu itu dinyanyikan. Hal ini juga menyebabkan pemirsa sebagai peneliti pasif – pemirsa yang hanya menikmati sebuah hiburan. Karakter suara musikal tidak menjual, bahkan tidak pernah bernyanyi untuk pemirsa. Ia hanya bernyanyi untuk karakter dalam iklan itu.

Satu hal yang perlu diketahui dari pemirsa dalam mengidentifikasikan karakter di Tv adalah bahwa mereka juga menerima pesan secara tidak langsung dan melihatnya sangat relevan dengan diri mereka. Untuk iklan khas seperti ini, kata ganti "Anda" sering digunakan, misalnya "You oughta be congratulated" (Margarin Meadow Lea) "Aren'tyou glad tou use dial?", "When you are enough to send the very best" (kartu Hallmark). Selengkapnya

Labels: