Share |





Alat untuk Memperoleh Perhatian ( Iklan Baris koran)

Iklan memang harus mendapat perhatian kita, untuk itu, sebuah iklan harus mampu "menembus" kekacauan iklan lain. Prinsip pertama dalam dunia periklanan, sebuah iklan harus mampu bertahan dan tampak lebih menonjol dibanding iklan-iklan lain. Untuk merealisasikan prinsip itu, para pemasang iklan kemudian mempergunakan berbagai alat atau media seperti: media cetak koran, majalah, atau media elektronik radio, Tv, dan jenis media lainnya. "manusia adalah mahluk sosial, oleh karena itu, mereka pun memiliki bentuk gerakan yang sama, khususnya cara menggerakkan wajah dan tangan. Di sini, mata secara khusus juga memiliki pengaruh yang cukup aktif." Karakter emosional, stimulus erotis, anak-anak kecil dan hewan semua dapat meningkatkan probabilitas untuk menarik perhatian. "hal ini tentunya, bukan tanpa tujuan. Karena semua itu kerap digunakan dalam dunia periklanan selama bertahun-tahun – sekalipun tidak selalu bersifat fungsional." Misalnya, para pemasang iklan mencoba memasukkan unsur seks dalam iklan sebagai penarik perhatian ketika iklan itu tidak memiliki hubungan hakiki dengan produk yang diiklankan. Namun seperti kepercayaan konsumen populer, cara ini kurang efektif jika tidak ada hubungan langsung dengan tempat penjualan khusus.

Para pembaca mungkin akan terkejut setelah mengetahui iklan itu tidak efektif. Hal ini karena mendapat perhatian hanya satu-satunya cara untuk meraih keberhasilan itu. Telur diperlukan untuk membuat kue, namun kue tidak akan jadi jika hanya mengandalkan telur saja. Hanya mengandalkan perhatian saja tidaklah memadai untuk membuat sebuah iklan bekerja. Selengkapnya

Labels: