Share |





Pelacakan Terus Menerus: Bag. 2

Dalam waktu sebulan iklan ditayangkan, anda tahu bahwa kebenarannya akan terbukti. Dalam minggu ketiga atau keempat penayangan iklan baru, pembagian pasar merek jelas berubah. Dalam minggu kelima, angkanya berlipat 2,5 persen menjadi sekitar 5 persen. Sekarang tak perlu ragu lagi iklan baru ini bekerja efektif. Jika anda adalah kompetitor, anda perlu bergerak cepat mencoba menemukan cara untuk mengimbangi. Atau mulailah merevisi proyeksi pembagian pasar atas merek yang anda miliki. Kenyataannya, sembilan minggu setelah peluncuran iklan baru itu, mereknya berhasil meningkatkan pembagian pasarnya dalam kelompok target ini menjadi lebih dari 10%, sebuah prestasi yang fenomenal. Jika anda seorang kompetitor merek ini, maka berita yang anda dapat dari pelacakan sungguh membuat gusar. Sisi lain yang baik adalah anda tahu sedini mungkin. Dengan demikian, anda bisa tetap tenang dan mempunyai waktu cukup untuk merumuskan strategi balasan. Terkadang kita pernah mengalami situasi seperti iklan tidak bisa menjual produk (kadang-kadang karena tidak ada pesan yang relevan atau iklannya gagal mengomunikasikan merek dengan benar atau mengaitkannya dengan pesan). Dalam ketiadaan informasi mingguan, kadang ada upaya berlebihan untuk bereaksi di saat yang tidak tepat. Lebih baik untuk mengetahui sedini mungkin apakah anda perlu bereaksi atas tindakan kompetitor.

Dengan melacak hasil iklan, anda menerima bukti palig jelas bahwa iklan bisa efektif di pasar ini. Analisis tambahan memungkinkan anda menarik kesimpulan tentang jenis iklan yang efektif dan bagaimana iklan efektif di pasar (karena tidak semua pasar efektif dengan cara yang sama)

Misalnya, di pasar ini apakah sikap berubah sebelum perilaku, ataukah perilaku berubah sebelum sikap? Apakah iklan berdampak pada pencitraan, lalu sikap, kemudian perilaku? Ke mana arah rantai peristiwa? Baca Selengkapnya

Labels: