Labels:
Riset Marketing Iklan dan Promosi
Perencanaan riset marketing iklan dan promosi bertujuan untuk memberikan gambaran atau proyeksi mengenai suatu kejadian atau perubahan yang akan muncul di masa mendatang. Data atau hasil riset digunakan sebagai acuan dalam menetapkan langkah dan strategi marketing iklan dan promosi. Dalam marketing iklan dan promosi, riset terbagi menjadi empat kelompok: Riset perilaku, Riset media, Riset efektifitas iklan, dan Riset kompetitif. Kebutuhan akan riset ini didasarkan pada asumsi bahwa kecenderungan sikap dan perilaku konsumen dapat berubah-ubah, mengikuti perubahan yang terjadi pada kondisi di sekitarnya. Beberapa teori menyatakan bahwa perubahan itu senantiasa terjadi sejalan dengan berkembanganya teknologi informasi yang memungkinkan terjadinya tren secara global. Perubahan global memungkinkan terjadinya perubahan sikap dan perilaku, tetapi perlu diketahui bahwa hingga saat ini masih disangsikan apakah perubahan tren pada produk pakaian ada hubungannya dengan perubahan tren di Eropa dan Amerika seperti yang disampaikan melalui media massa elektronik dan media cetak/koran. Selengkapnya