Labels:
Riset Perencanaan Iklan dan Promosi
"Marketing research is the systematic design, collection, analysis and reporting of data and finding relevant to spesific marketing situation facing the company" (Kotler, 2000: 103). Perusahaan besar biasanya memiliki departemen yang menangani riset pemasaran, iklan dan promosi, bertugas memperoleh informasi penting yang dibutuhkan, seperti riset pasar yang meliputi informasi tentang tingkat kepentingan konsumen terhadap produk, termasuk data kegiatan pesaing. Perusahaan kecil yang tidak memiliki departemen riset cenderung mencari informasi; riset oleh universitas (mahasiswa dan profesor) atau membiayai sebuah penelitian yang berhubugan dengan data yang dibutuhkan perusahaan. Penelurusan informasi di internet, biayanya lebih murah, tetapi biasanya informasi penting yang memiliki kedekatan dengan masalah sulit didapat, karena hasil riset yang diperoleh bersifat umum. Atau kunjungan pada pesaing secara diam-diam dan memperoleh informasi yang dibutuhkan. Selengkapnya