Share |





Penentuan Anggaran Iklan dan Promosi

Perusahaan dengan produk baru yang siap untuk dipasarkan biasanya telah menentukan total jumlah penjualan dalam kurun waktu tertentu. Pada umumnya mereka menetapakan anggaran promosi awal antara 10 – 30% dari penetapan biaya produksi dalam kurun waktu penjualan perdana atau pada saat peluncuran produk. Untuk biaya promosi selanjutnya, terjadi sebuah penurunan. Pada bagian biaya iklan dan promosi biasanya berbanding dengan ukuran dan cakupan bisnis suatu usaha. Penetapan biaya pemasaran, iklan dan promosi ditentukan atas berapa besar kemampuan perusahaan dalam menentukan persentase biaya, yang didasarkan pada total investasi. Biaya pemasaran, iklan dan promosi sudah pasti dibebankan pada konsumen. Jadi, produk dan layanan yang dibeli itu sudah termasuk biaya iklan dan promosi lainnya. Anggaran pemasaran, iklan dan promosi didasarkan pada analisis selisih biaya total produksi dengan nilai jual produk dalam satuan waktu (marginal analysis) dan didasarkan pada respons penjualan. Sedangkan pendekatan penetapan biaya pemasaran, iklan dan promosi adalah; top down budgeting approach dan bottom up budgeting approach. Readmore

Labels: