Share |





Pendekatan Perencanaan Keuangan Bag. 2

Comparitive parity; metode ini dipengaruhi oleh pesaing, penganggaran dapat dibuat dengan cara mengumpulkan informasi tentang dana yang dikeluarkan pesaing, kemudian manajemen melakukan penyeimbangan alokasi dana. Contohnya; pada tahun 2005, perusahaan A menghabiskan dana iklan dan promosi di televisi, radio, surat kabar (koran, majalah) dan iklan luar ruang sebesar Rp.75 miliar atau naik 4% dibanding biaya pemasaran, iklan dan promosi pada tahun 2004. Lalu pada perusahaan B naik 3 – 5% dibanding tahun sebelumnya. Bahwa perusahaan akan berupaya mengimbangi biaya promosi di media cetak, media massa untuk tetap menunjukkan eksistensi mereka di pasar. Penyeimbangan alokasi biaya yang didasarkan pada kegiatan pesaing ini, dilakukan dengan menggunakan perbandingan atas pesaing yang memiliki kekuatan sama dengan perusahaannya di pasar. Pada kenyataannya hanya beberapa perusahaan besar yang melakukan cara ini, misalnya perang iklan Unilever Vs Indofood pada produk makanan, Pepsi Vs Coca Cola pada produk minuman dan Djarum Vs Gudang Garam atau Sampoerna pada produk rokok.

Labels: