Share |





Menentukan Biaya Promosi Iklan

Biaya iklan dan promosi dapat dikategorikan ke dalam dua bentuk: 1. Biaya absolut, 2. Biaya relatif. Biaya absolut adalah seluruh biaya aktual yang dibutuhkan bagi penempatan pesan promosi, misalnya: jumlah biaya pemasangan iklan satu halaman penuh di media adalah Rp.17.000.000,- sedangkan biaya relatif adalah hubungan antara harga yang dibayar atas sewa ruang di media dan jumlah distribusi pada khalayak. Ini digunakan untuk membandingkan perputaran media. Biaya relatif sangat penting untuk diketahui karena manager harus mengoptimalkan raihan khalayak dengan biaya yang disiapkan. Jika mengeluarkan biaya Rp.17.000.0000,- akan meraih 10.000 khalayak di koran atau majalah A. Dengan perbandingan, jika membayar Rp.8.500.000,- dengan raihan 8.000 khalayak di koran atau majalah B, maka koran atau majalah mana yang akan dipilih? Selengkapnya

Labels: