Share |





Memutuskan Alokasi Geografis Media

Suatu perusahaan memang sudah seharusnya memutuskan bagaimana mengalokasikan anggaran periklanannya untuk ruang dan juga waktu. Perusahaan yang melakukan "pembelian nasional" berarti perusahaan itu menempatkan iklan di jaringan TV nasional atau di koran-koran atau di majalah yang peredarannya nasional. Perusahaan yang melakukan "pembelian setempat" berarti perusahaan itu membeli waktu di TV hanya untuk beberapa pasar TV atau di edisi regional koran atau majalah. Dalam beberapa kasus, iklan tersebut meliputi wilayah pasar 40 sampai 60 mil dari pusat kota,  yang disebut Daerah Pengaruh Dominan (Areas of Dominant Influence – ADIs) atau juga disebut Daerah Pemasaran Tertunjuk Akhirnya perusahaan yang melakukan "pembelian lokal" berarti perusahaan mengiklankan di surat kabar lokal, radio atau lapangan. Perencanaan dan pengendalian periklanan yang baik sangat tergantung pada ukuran-ukuran efektifitas periklanan. Selengkapnya

Labels: