Motivasi adalah satu kekuatan untuk pendorong dalam diri seseorang, yang membuatnya bertindak. Pesan iklan yang disebar luas melalui kegiatan marketing communication tidak hanya membangun komitmen konsumen terhadap suatu kepercayaan akan kualitas produk, tetapi juga akan memberikan petunjuk pada konsumen untuk melakukan tindakan yang dikehendaki, dan ini berarti pesan iklan itu harus dapat memberikan motivasi yang kuat agar sasaran dapat bertindak sesuai dengan yang diinginkan oleh pembuat pesan iklan. Dalam penyajian pesan iklan di media massa, perusahaan dihadapkan pada banyak pertimbangan, khususnya dalam menentukan pesan iklan terhadap segmentasi tertentu. Kadang kala produk obat-obatan seperti jamu cenderung ditujukan pada segmentasi masyarakat berpendapatan dan tingkat pendidikan rendah, tetapi jamu sebenarnya dapat dikonsumsi oleh semua kalangan.
Kendalanya, iklan ini membatasi diri pada segmentasi yang kurang bergengsi, agar menjadi begitu sederhana dan mudah dipahami oleh masyarakat kecil. Resiko dari penentuan segmentasi ini menyebabkan iklan ini disingkirkan oleh kalangan jetset karena dianggap terlalu norak atau tidak memiliki daya tarik tinggi. Dan kenyataannya, produk itu memang mudah dijangkau dan berhasil untuk segmentasi tersebut, namun termarginalkan oleh segmentasi kalangan mengah ke atas.
Seks adalah salah satu bentuk kebutuhan manusia yang paling mendasar, dan naluri terhadap kebutuhan dasar ini hampir sama tingginya dengan makan dan minum. Kebutuhan untuk berkembang biak tidak saja dimiliki manusia, tetapi juga hewan. Tingkat pengendalian hasrat atau naluri ini juga berbeda-beda. Menstruasi pada wanita dan mimpi basah pada pria adalah ciri-ciri anak telah merambah ke dunia dewasa. Perubahan ini berlaku secara alami menumbuhkan kebutuhan baru sebagai hasil dari perkembangan kondisi fisik dan kejiwaan seseorang. Remaja yang telah memasuki masa ini memiliki hasrat yang tinggi terhadap seks, sehingga stimulus yang menunjukkan gerakan erotik akan mudah menarik perhatian mereka. Tingkat pengendalian seks pada pria umumnya berbeda dengan wanita. Wanita cenderung lebih mudah mengendalikan naluri seksnya hingga tahap tertentu., sedangkan untuk pria, pengendalian ini berbeda-beda, tergantung pada pertahanan mental yang dihasilkan oleh pendidikan keluarga dan pengaruh lingkungan.
Dengan demikian, Peran seksualitas terhadap daya tarik iklan, baik iklan media elektronik maupun media cetak dapat meraih perhatian khalayak. Suara desah di radio dapat meningkatkan rangsangan pada pendengar pria, sedangkan suara berwibawa dari penyair pria dapat membangkitkan rangsangan yang kuat bagi pendengar wanita.
Labels:
























