Produk diciptakan hanya untuk memenuhi suatu kebutuhan ataupun mungkin mengangkat suatu keinginan yang menjadi kebutuhan baru, konsumen itu sebagai individu yang memiliki beragam suatu kebutuhan dan keinginan yang menjadi acuan bagi perusahaan, sehingga setiap produk menempatkan dirinya pada segmentasi (kelompok konsumen di pasar) tertentu. Segmentasi merupakan hal pertama yang dilakukan oleh seorang praktisi marketing communication dalam melakukan analisis perencanaan. Strategi dibangun berdasarkan informasi penting yang menyangkut data-data faktual diperoleh dari berbagai sumber. Pertimbangan akan perlunya segmentasi ini adalah untuk membantu penyusunan strategi yang berhubungan dengan jangka waktu kegiatan, tahap-tahap komunikasi, dan jenis-jenis pesan yang akan dipilih, yang kesemuanya bertujuan untuk mencapai suatu perencanaan komunikasi yang efektif dan efesien.
Beberapa perusahaan mengalami kegagalan ketika menetapkan strategi segmentasi pasar. Kegagalan ketika menetapkan strategi segmentasi pasar. Kesalahan yang terjadi disebabkan oleh tidak adanya hubungan yang cukup kuat antara produk yang ditawarkan dengan sasaran produk (konsumen). Produk diciptakan untuk memenuhi kebutuhan segmentasi tertentu, walaupun segmentasi juga dapat dilakukan secara bertingkat dari pasar sasaran prioritas utama hingga jangkauan masa depan (next generation consumer).
Perlu diperhatikan dalam pemilihan media, bahwa fase-fase kegiatan marketing communication merupakan acuan penting dalam menyusun strategi promosi.
Segmentasi pasar
Menentukan segmentasi (satu atau lebih) dengan produk yang spesifik atau bentuk promosi
Menentukan posisi produk sebagai suatu produk yang dapat memuaskan konsumen dengan cara yang berbeda (diferensiasi) dari pesaing yang diwujudkan dalam bentuk pesan khsusus.
Identifikasi pasar tentang kebutuhan pasar terpenuhi bahwa kebutuhan akan produk persiapan hari tua atau biaya pendidikan adalah produk yang sudah banyak ditawarkan oleh perusahaan asuransi lainnya. Tetapi sangat jarang terjadi penawaran polis asuransi diikuti juga oleh bantuan rawat inap untuk pemegang polis, jika pemegang polis itu harus dirawat di rumah sakit. Ini merupakan peluang kebutuhan yang dianggap belum terpenuhi.
Dibutuhkan kecermatan untuk menganalisis kebutuhan yang belum terpenuhi dan bersifat laten. Kebutuhan yang laten ini adalah suatu jasa atau produk yang keberadaannya tidak disadari oleh konsumen dan pada saat-saat tertentu menjadi kebutuhan yang penting dan harus dipenuhi. Bayangkan, anda kini heran melihat begitu banyaknya produk yang dijual dan dipromosikan juga iklan di pasar, sampai hal-hal yang menurutnya tidak penting tetapi pada kenyataannya produk itu laku keras. Segmentasi pasar dibutuhkan bagi pengembangan sebuah pasar, melalui cara pemuasan yang berbeda dari sebuah kebutuhan yang spesifik atau harapan dari konsumen tertentu. Kemampuan seorang praktisi marketing communication dalam pembagian segmentasi berpengaruh pada pesan yang akan disampaikan dalam promosi dan melalui media mana yang memiliki kedekatan. Maka, strategi segmentasi dan pembagian segmentasi menjadi penting demi menghemat waktu dan efektifitas komunikasi. Dari pembagian segmentasi ini akan diperoleh beberapa asumsi penting, khususnya dalam menentukan bentuk stimulus yang kuat bagi sasaran komunikasi, dan mempelajari apa saja yang tidak disukai dan menyebabkan pesan iklan itu terhalang oleh prinsip-prinsip yang mereka yakini.
Labels: