Ketepatan dan kejelian dalam strategi pasar ditentukan oleh bagaimana strategi dijabarkan dalam sebuah perencanaan kegiatan. Begitu juga sebelum perencanaan pemasaran ini dibuat, asumsi atas keputusan yang akan diambil untuk didasarkan pada hasil analisis. Analisis yang dibutuhkan untuk membantu menyusun perencanaan marketing communication adalah:
- Analisis peluang pasar
- Analisis pesaing
- Menetapkan pasar sasaran
Analisis peluang pasar
Dalam beberapa aspek, analisis ini mencakup karakteristik dan kebutuhan pasar, strategi produk, tempat, daya beli masyarakat, saluran distribusi dan sebagainya. Analisis peluang usaha dibutuhkan pada produk yang akan memasuki pasar baru, produk ke dalam pasar, atau produk baru untuk pasar baru. Peluang pasar adalah wilayah di mana terdapat kecenderungan permintaan yang positif. Perusahaan percaya bahwa di pasar masih terdapat kebutuhan yang belum terpuaskan, yang dianggap sebagai peluang bagi produk baru untuk memenuhinya. Dan. Perusahaan berpeluang memasuki pasar jika di pasar terdapat persaingan yang efektif. Dapat digambarkan bahwa peluang pasar ini tercipta jika di pasar terdapat tiga hal:
- Permintaan
- Kebutuhan dan peluang yang belum terpuaskan
- Persaingan yang efektif
Analisis pesaing
Penyusunan strategi perencanaan marketing communication bagi produk dan jasa, dibutuhkan analisis tentang kondisi persaingan di pasar yang akan dimasuki. Analisis menyangkut pesaing usaha ini perlu untuk melihat sajauh mana kemampuan dalam pemosisian produk di pasar dengan melihat kondisi persaingan yang ada untuk dapat memutuskan strategi marketing communication yang akan disusun.
Menetapkan pasar sasaran
Langkah ini menjadi fokus dari hasil, tujuan dan pencapaian yang merupakan harapan perusahaan terhadap pasar. Strategi promosi yang disusun akan berbeda dari startegi perusahaan lain. Perbedaan strategi antara perusahaan ditentukan oleh pasar apa yang digunakan, pencapaian yang diharapkan, dan kemampuan keuangan yang dimiliki.
Proses ini dapat ditemukan melalui langkah-langkah dasar, yaitu identifikasi pasar tentang kebutuhan yang belum terpuaskan, menentukan segmentasi pasar, menyeleksi pasar sasaran dan pemosisian perusahaan melalui strategi pemasaran.
Labels: