Perkembangan suatu media massa ini juga berhubungan erat dengan perkembangan sosial dan teknologi. Mc Luhan (1964) menguraikan berbagai tiga macam babak sejarah perkembangan media massa:
Babak tribal, ketika manusia tidak dibatasi oleh pengaruh media massa, indra manusia secara bebas dapat menangkap berbagai stimulus. Babak Gutenberg, ketika mesin cetak membuat orang berkomunikasi secara tertulis dan membaca dari kiri ke kanan. Di sini hanya indra mata yang menangkap stimulus sehingga manusia cenderung berpikir linear, semisal membaca dari kiri kanan. Babak Neotribal, ketika alat elektronik memungkinkan menggunakan beberapa indra dalam menangkap stimulus.
Walaupun Mc Luhan memperoleh banyak kritik, tetapi pemikiran itu membantu kita melihat berbagai pengaruh media massa karena perbedaan kemampuan indra dalam menangkap stimulus yang muncul. Dalam pemilihan media promosi, maka memahami karakteristik media, baik kelebihan maupun kekurangannya, bertujuan untuk membantu perusahaan dalam memprediksi biaya dan ketepatan sasaran promosi pada segmentasi yang dituju, dan meminimalkan penghamburan biaya yang tidak penting.
Labels: