Bentuk promosi media luar ruang atau out of home media seperti billboard, papan nama (signboard), poster dan banner (spanduk) itu memiliki cukup banyak suatu peluang untuk menjangkau konsumen lebih banyak. Biasanya media ini dipasang pada perempatan jalan ataupun diisi jalan dan menghadap kearah pengemudi kendaraan, dan kini penggunanya semakin semarak. Billboard juga sebagai outdoor promotion memiliki intensitas dan dampak yang berbeda dilihat dari jenis konstruksi yang dimiliki. Neonbox dalam ukuran 4x8 m memiliki pengaruh yang sebanding dengan billboard berukuran 8 x 16 m, mengapa? Walaupun ukurannya lebih kecil, neonbox memberikan rangsangan yang lebih kuat dibanding dengan daya rangsang billboard yang hanya diterangi oleh beberapa lampu HIPT 400 Watt. Visual out home media sangat menentukan keefektifan, selain posisi strategis yang dimiliki. Dalam perkembangan out of home media, gedung juga dapat dijadikan sarana promosi, khususnya gedung bertingkat di mana kaca pada salah satunya sisinya ditempeli backlight sticker. Backlight sticker memiliki ciri khas yaitu visual itu tidak terlihat dari dalam gedung dan hanya dapat dilihat dari luar gedung saja. Kelebihan lain dari billboard adalah dimungkinkannya terjadinya penggantian visual berkali-kali tanpa membutuhkan biaya bongkar pasang yang tinggi.
Pelarangan terhadap jalur hijau di sejumlah ruas jalan yang justru sangat potensial untuk meraih sasaran pasar disebabkan adanya kebijakan pemerintah mengenai ketertiban, keindahan, dan estetika kota. Namun semakin sempit ruang penempatan media ini yang akhirnya memunculkan ide-ide baru dalam jenis out of home media, yaitu melalui wall painting pada sejumlah toko dan bangunan.
Sayangnya, kelebihan out of home media dibanding dengan tayangan iklan di televisi masih kalah jauh, khususnya dalam perolehan cakupan raihan intensitasnya. Di sisi lain, media ini juga memiliki kelebihan, yaitu frekuensi yang lebih tinggi dan lebih murah berbanding dengan iklan di televisi. Pada penyajian iklan di televisi, khalayak dapat dengan mudah mengabaikan pesan dengan cara berpindah ke saluran lainnya, dan jika daya rangsang pada billboard atau neonbox lebih tinggi maka pengabaian pesan dapat diperkecil, setiap kali khalayak melalui jalan itu setiap harinya dan khalayak tanpa disadari melihat visual yang terpampang pada billboard atau neonbox inilah yang menjadi salah satu kelebihan dari out of home media.
Poster dimasukkan ke dalam media luar ruang, poster memiliki ukuran dari visual yang cukup kecil dan hanya dapat dibaca atau dilihat dalam ruang yang terbatas dan lebih sering dipasang pada ruang terbuka. Poster sendiri diproduksi dalam jumlah cukup besar, dengan demikian dibutuhkan penempatan dalam jarak yang dekat dengan pengunjung. Dalam pemasangan poster pada dinding rumah ternyata menghadirkan sebuah problem baru, sehingga poster ini tidak dapat bertahan cukup lama karena penempatan yang tidak memperhatikan estetika dan keindahan akan mudah dirusak khususnya oleh pemilik bangunan atau pemerintah setempat. Kadang juga terlihat penutupan poster oleh poster lainnya milik pesaing produk.
Dengan demikian walaupun poster cukup dapat diandalkan dalam memperkuat branding atau kampanye produk, namun tetap saja faktor estetika dan keindahan kota menjadi bahan pertimbangan bagi manajer marketing communication atau advertising yang dipercaya dalam pendistribusian psoter itu.
Labels:
























