Share |





Media Komunikasi Kelompok

Suatu Media Kelompok biasa digunakan untuk berbagai iklan pada suatu kegiatan-kegiatan promosi yang juga melibatkan kelompok tertentu, yaitu seperti seminar ekonomi dan diskusi panel, ataupun suatu pameran. Seperti disebutkan bahwa eksibisi atau pameran juga menggunakan jasa media kelompok, bentuk media kelompok ini diantaranya adalah video presentasi dalam layar lebar, display atau folder. Video presentasi merupakan pengembangan model baru dari media komunikasi kelompok bahkan memiliki daya rangsang yang tinggi terhadap khalayak yang berada di dalam ruangan itu. 

Dalam beberapa pengalaman video presentasi ini juga ditujukan untuk menarik perhatian segmentasi khusus dalam satu tempat, seperti yang pernah dilakukan. Video presentasi ini diproduksi dengan biaya yang cukup tinggi, mungkin tidak sebesar biaya pembuatan iklan televisi yang harus membayar artis dan figuran dengan biaya yang besar. Demikian pula dalam penyampaiannya, seperti yang dilakukan oleh sebuah biro perjalanan wisata dengan menyewa sebuah ruang hotel berbintang sebagai upaya pemosisian produk, ternyata memberikan rangsangan yang tinggi bagi peserta yang hadir dalam presentasi itu.

Dalam kegiatan direct selling, komunikasi yang dilakukan dengan menggunakan media komunikasi persona, pemasar berhadapan langsung dengan konsumen atau konsumen mengetahui informasi tentang sebuah produk berasal dari selebaran, surat, atau faksimili.

Folder, merupakan media komunikasi yang dapat dimasukkan ke dalam media komunikasi kelompok dan media komunikasi persona. Folder ini memiliki keleluasaan terhadap penentuan aktivitas promosi yaitu, dapat digunakan dalam sebagai media komunikasi kelompok dan juga bisa digunakan sebagai media komunikasi persona seperti halnya telepon atau faksimili.

Ketika pemasar berhadapan langsung dengan konsumen, maka media persona adalah senjata penting yang disiapkan dan berisi beberapa informasi mengenai produk yang biasa disebut sebagai marketing kit. Katalog, profil korporat dan folder seperti dokumen perjanjian, faktur, dan kwitansi pembelian. Katalog, profil perusahaan, dan folder berisi berbagai informasi yang dibutuhkan oleh konsumen untuk mengetahui sejauhmana kelebihan sebuah produk dan jasa yang ditawarkan.

Labels: