Share |





Konsep Bisnis Masa Depan

Penemuan di bidang keilmuan sejalan dengan adanya suatu perubahan dan  akan  ada pencapaian kebutuhan hidup masyarakat di seluruh dunia, standarisasi mutu, kompetisi, dan harga merupakan bagian yang paling menonjol dalam perubahan lingkungan bisnis, yang turut menghasilkan kemunculan sejumlah gagasan konsep terbaru. Perubahan lingkungan akan mempengaruhi perubahan sejumlah konsep, gagasan baru dan ilmu. Mengikuti pandangan Kuhn tentang perubahan paradigma, dimulai dari paradigma yang muncul pada awal perkembangan ilmu dan melalui sebuah proses menuju paradigma baru, maka hal ini juga berlaku pada marketing communication.

Marketing communication belum dapat dikatakan sebagai sebuah ilmu baru, dan memiliki peluang menjadi sebuah ilmu tersendiri. Marketing Communication merupakan pendekatan interdisiplin antara disiplin manajemen dan disiplin komunikasi. Marketing Communication dapat dikatakan sebagai sebuah kajian tentang komunikasi dalam lingkup manajemen dan komunikasi.

Pada konteks masa depan akan terjadinya persinggungan antara dua kajian ilmu manajemen yaitu relationship marketing dan marketing communication yang memiliki beberapa unsur saling bertolak belakang.

Pemasaran Dan Promosi
Globalisasi telah melahirkan sejumlah konsep, cara berfikir, dan strategi baru dalam bisnis. Marquardt dan Reynolds mengatakan, "The world of business has now entered the knowledge era, where knowledge is power and learning rapidly and competently is seen as preeminent strategy for global success" (1994:v). Kondisi saat ini menempatkan kita dalam sebuah persimpangan di antara dua paradigma yang saling tarik-menarik, yaitu era industri bisnis dan era informasi bisnis.

Era Industri Bisnis
  • Konsumen dengan jumlah yang sedikit berkelompok dan mudah dijangkau
  • Produk diciptakan untuk memenuhi kebutuhan pasar
  • Organisasi bisnis memiliki ukuran yang besar dengan jumlah karyawan dalam hitungan ribuan
  • Konsep bisnis tradisional sangat kuat, yaitu "menekan biaya (efesiensi) untuk memperoleh keuntungan yang besar".
Era Informasi Bisnis
  • Konsumen tersebar luas, tetapi tidak dapat terlihat / diraba (invicible)
  • Produk diciptakan tidak saja untuk memenuhi kebutuhan tetapi juga untuk memperoleh kepuasan pelanggan
  • Organisasi bisnis semakin kecil, tetapi kompleks dan dengan kemampuan sumberdaya manusia yang sangat tinggi
  • Modal dikerahkan untuk mencapai suatu usaha dalam menempatkan perusahaan dalam posisi penting di pasar.
Terdapat tujuh aspek dasar yang harus dicapai oleh sebuah organisasi bisnis agar dapat bertahan dalam kompetisi yang ketat saat ini, yaitu:

1. Konsumen tepat sasaran
2. Kualitas produk dan layanan terbaik melalui penguasaan teknologi terbaru
3. Adanya diferensiasi produk dan layanan dengan pesaing
4. Positioning produk dan perusahaan sebagai penggerak pasar
5. Kecepatan penetrasi pasar (lokal maupun internasional)
6. SDM dengan kualitas tertinggi dan dapat bekerja secara tim
7. Kepemimpinan yang dapat beradaptasi dalam kondisi yang selalu berubah-ubah.

Pemasaran adalah proses, maka kegiatannya dilakukan dalam jangka waktu yang panjang. Saat berencana membuka sebuah usaha, orang yang pertama direkrut adalah seorang pemasar (marketer). Ia akan melakukan beberapa analisis bersama tim produksi dari sebuah gagasan bisnis, melakukan beberapa riset mengenai kebutuhan, perilaku konsumen, pesaing, harga, karakteristik, pelayanan, dan identifikasi terhadap lokasi yang tepat untuk memulai suatu bisnis.

Labels: