Berkaitan dengan ke efisiensi biaya promosi iklan, marketing communication, strategi harus diperhatikan bahwa agar dapat menghasilkan satu buah atau beberapa bentuk perencanaan efektif dari strategi marketing communication, kita harus berhati-hati untuk tidak terlalu terpaku terhadap alokasi biaya media, karena marketing communication tidak hanya bergantung pada peran media atau sewa ruang di media massa, tetapi juga harus memerhatikan bentuk-bentuk komunikasi lainnya yang di satu sisi dapat diunggulkan.
Jika perencanaan marketing communication terfokus saja pada prioritas penggunaan media sebagai sarana promosi utama, perencanaan itu tidak bisa di bilang sebagai perencanaan marketing communication yang menyeluruh, karena ada kegiatan pemasaran lainnya yang membutuhkan biaya, semisal sales promotion girl (SPG) dan sales promotion man (SPM).
Perencanaan marketing communication harus disesuaikan dengan kemampuan pembiayaan atau anggaran yang disediakan. Diperlukan kehati-hatian dalam penentuan strategi marketing communication, agar strategi ini dapat mencapai sebuah efesiensi dan efektifitas. Dengan melihat jumlah barang yang akan dijual dan keuntungan yang akan diraih, biasanya dihasilkan sebuah keputusan untuk menetapkan angka prioritas bagi marketing communication. Tinggi rendahnya biaya atau anggaran marketing communication akan menentukan apa saja yang akan dibiayai segmentasi yang dituju, media massa, dan efek–efek berarti apakah sekedar untuk memenangkan perhatian konsumen terhadap produk baru atau memang untuk mengejar penjualan.
Menurut Belch, dalam meneliti efektifitas dari strategi promosi dan advertising, perusahaan memberikan alasan-alasan untuk tidak melakukan penelitian efektivitas advertising dan biaya promosi:
- Biaya: mungkin karena bagi perusahaan kecil, biaya penelitian ini cukup mahal. Penelitian yang benar dapat menjadi mahal, berkaitan dengan waktu dan biaya.
- Masalah penelitian, sulit melakukan isolasi terhadap efek dari unsur-unsur promosi.
- Ketidak sepahaman atas subjek penelitian
- Objek kreativitas
- Waktu
Walaupun demikian, kita dapat melakukan penelitian efektivitas strategi promosi dan advertising ini dengan menentukan efektifitas dari setiap proses komunikasi. Beberapa faktor penting yang dapat diuji adalah:
- Faktor sumber komunikasi
- Variabel pesan
- Strategi pemilihan media massa
- Keputusan biaya promosi
Menurut Belch, terdapat prinsip PACT (Positioning Advertising Copy Testing) dalam riset promosi dan advertising yaitu:
- Berikan ukuran yang relevan dengan apa yang ingin dicapai iklan
- Capailah kesepakatan tentang bagaimana hasil dapat digunakan
- Sediakan beberapa alat ukur (karena satu saja tidak cukup untuk memperoleh gambaran tentang efek iklan)
- Dasarkan pada sebuah model dari respons manusia untuk menyampaikan menerima stimulus dan sebagainya.
Labels: