Share |





Ciri Ciri yang di Nilai Positif atau Negatif



Berbagai gabungan sifat dapat mempengaruhi cara kita merasakan sesuatu. "Mobil memiliki beragam citra seperti sebagai pelindung kecelakaan, rekan terpercaya, olahragawan jantan, atau pelengkap kesenangan". Sama halnya dengan image kita ketika menilai tipe kategori yang lain. Bayangkan misalnya, image yang anda kaitkan dengan berbagai hal berikut:

1. Profesional (pengacara, pemasang iklan, dokter, salesman mobil)
2. Negara (perancis, as, australia)
3. Kota (sydney, london, new york)
4. Organisasi (imf, pbb, opec)
5. Perusahaan (ibm, at&t, microsoft, neiman marcus, sears, dupont)
6. Merek (toshiba, opel, hewlett, packard)
7. Jasa (speedy mufflers, qantas, virgin air, dhl)
8. Kategori produk (mutiara, anggur, sepeda motor)

Coba bayangkan ketegori produk "mutiara". Sebagian besar orang berpikir mutiara merupakan perhiasan yang sangat indah, sehingga sering dihubungkan dengan hadiah wanita paling menarik, perhiasan kelas atas dan barang dengan harga yang sangat mahal. Namun, seperti produk lain, mutiara juga memiliki kelemahan (ciri negatif).

Satu contoh kasus, pesaing bernama Micki Motto (mungkin De Beers) berusaha mengingatkan kita akan kelemahan lain dari mutiara itu. Ia melakukan hal itu karena ia ingin kita membeli berlian, selain mutiara. Ia kemudian mengatakan berlian tidak seperti mutiara yang mudah rusak (selembar "bulu" kecil). Atau, ia akan mengatakan mutiara itu tumor tiram. Sungguh, betapa tidak menyenangkan pernyataannya itu (bulu yang lebih besar).

Dalam lingkungan normal kita tidak akan pernah berpikir tentang aspek mutiara itu. Namun, barangakali kita sepakat keduanya (mutiara dan berlian) benar. Informasi tentang mutiara yang tidak sekuat berlian, atau mutiara itu tumor tiram sekarang berada di kepala kita. Namun, informasi negatif itu tidak serta merta masuk dalam agenda sifat mental kita, sehingga jarang masuk dalam ingatan. Dengan demikian, keduanya bukan merupakan feature dominan.

Menganggap mutiara sebagi "tumor tiram" memainkan peranan penting dalam mengalihkan perhatian kita terhadap aspek mutiara yang tidak menyenangkan itu. Sekalipun hanya selembar "bulu" jika disampaikan secara berulang-ulang barangkali akan membuat daya tarik berlian semakin meningkat. (dalam hal ini seperti apa yang telah dilakukan para konservasionis terhadap kategori produk bulu). Informasi negatif seperti itu barangkali tidak membuat kita berhenti membeli mutiara. Namun, persepsi kita terhadap berlian tentu berubah sekarang.

Dalam kondisi normal perhatian kita tidak banyak melihat sifat-sifat merek atau produk. Namun, dengan mengubah perhatian dan sudut pandang kita pada sifat-sifat yang lain memungkinkan kita mampu sedikit mengubah persepsi kita. Inilah yang dilakukan para seniman graffity ketika mereka menulis. "Daging sebagai pembunuh" pada banyak dinding dan jembatan. Kebanyakan orang makan daging. Dan kita tahu dari mana asalnya. Kita tidak ingin memikirkan hal itu. Namun, bagi yang memiliki persepsi berbeda, mereka mungkin berfikir untuk menjadi vegetariam. Membunuh seekor hewan untuk dimakan dagingnya merupakan hubungan yang sangat jarang kita ingat.

Labels: , , , , , , , ,