Share |





Mudah Diingat Bag. 2

Sebagian besar orang tetap menyadari akan adanya beberapa tingkatan pengulangan. Hampir setiap orang memiliki pengalaman pernah mencium bau khusus sehingga membangkitkan memori khusus pula. Bau pipa tembakau barangkali mengingatkan anda akan kakek anda yang perokok itu. Juga, bau karpet baru bisa memicu ingatan anda ketika pertama kali anda memasuki rumah baru. Ketika ingatan-ingatan ini muncul dalam pikiran anda maka anda tengah mengenang masa lalu.

Jika anda pernah terganggu saat tidur malam karena pikiran anda terus mengembara kemana-mana, anda dapat mempelajari bagaimana proses itu terjadi. Dengan kata lain, apa yang masuk dalam pikiran kita tidak selalu berada dalam kontrol sadar kita (disengaja).

Ketika anda mendengar ungkapan "Don't leave home without.." si pembicara mungkin akan menunjuk kunci atau jas anda. Sebaliknya, pikiran anda secara tidak sengaja justru teringat akan American Express. Ketika seorang berteman bertanya "Where do you want to go today?" maka yang ada dalam ingatan anda hanya Microsoft. Atau, ketika seorang mengatakan "Just do it" maka anda akan langsung teringat Nike.

Otomatis menegaskan gagasan kita untuk tujuan itu. Di Amerika Serikat Paul Hogan (Crocodile Dundee) dihubungkan dengan merek Subaru. Di Australia, secara tradisional dikaitkan dengan rokok Winfield-nya karena ungkapan itu diciptakan Hogan sebagai bagian dari iklan. ("Anyhow*...Have a Winfield"). Seperti Joe Camel di USA, Hogan dengan ungkapannya itu juga dimaksudkan untuk menegaskan keberadaan mereknya sehingga secara otomatis memicu ingatan orang. Bahkan, musik tema klasik di balik kampanye Winfield dianggap sebagai "musik Winfield" hingga mengingatkan kembali akan rokok merek Winfield dalam ingatan orang. Merek Marlboro juga melakukan hal yang sama di seluruh dunia dengan tema musik The Magnificent Seven hingga akhirnya dianggap sebagai "musik Marlboro".

Ingatan kita saat ini tengah berada pada "aliran kesadaran" – sebuah arus pasti yang bisa dialihkan, kadang-kadang dihentikan sementara, namun tidak pernah mau berhenti. Motto-motto lingkungan dapat mempengaruhi apa yang masuk ke dalam arus itu serta arah mana yang akan dituju. Satu tipe iklan dapat memfokuskan diri pada sebuah merek dengan menyertakan satu motto lingkungan atau lebih. Karena itu, kapan pun kita mendengar, melihat atau ingat motto-motto tersebut sangat dimungkinkan kita berfikir tentang merek itu, atau memperhatikan kehadirannya. Itu dapat menarik merek tersebut ke dalam "aliran kecil gagasan" kita.

Labels: