Para pemasang iklan ingin agar kita tidak hanya memikirkan merek mereka, namun juga memikirkannya ketika membuat keputusan yang menyangkut kategori produk itu. Oleh karena itu, yang menjadi motto terpenting di sini adalah menyangkut kategori produk itu sendiri. Ketika kita megatakan "soft drink", apa yang terlintas dalam benak anda? Atau, ketika kita megatakan "makan siang", apa yang anda pikirkan? Jika ingatan sadar kita berada dalam proses menuju sebuah kategori produk (misalnya, karena siang hari maka kita memikirkan makan siang), tentu yang masuk dalam ingatan kita bukan merek hairspray atau mobil. Dalam hal ini, kita cenderung memilih urutan pertama pada agenda mental kita untuk kategori "makan siang".
Jika ingatan kita diarahkan ke satu kategori produk khusus maka hampir pasti kita mulai berfikir tentang barang-barang yang paling mudah diingat dari kategori itu. Dalam hal kategori "makan siang", kita akan teringat Pizza Hut atau Mcdonald's atau beberapa makanan alternatif lain daripada memikirkan hairspray, mobil atau yang lainnya.
Istilah teknis untuk ini adalah simbol kategori yang mudah diingat (category-cued saliance). Atau, merek itu akan datang pada ingatan setiap orang kapan pun kategori produk itu muncul.
Di sini dimungkinkan untuk mengukur produk yang mudah diingat serta menilai pengaruh iklan untuk produk itu. Untuk menilai pengaruh iklan dapat dilakukan dengan menanyakan kepada orang tentang merek apa yang pertama mereka ingat ketika mendengar atau melihat nama kategori produk, kemudian merek kedua dan seterusnya. Di sini dapat dicapai agenda merek. Rangking sebuah merek di dalam agenda kategori produk mengindikasikan produk yang mudah diingat. Ini merupakan indeks probabilitas kasar yang akan muncul dalam ingatan kita.
Jika prosedur pertanyaan ini dilakukan secara acak pada konsumen yang berbeda setiap minggunya maka agenda dan produk yang mudah diingat untuk masing-masing merek itu dapat ditemukan. Dengan iklan, riset pasar dapat mendeteksi beberapa perbaikan merek. Mengiklankan sebuah merek memang agar merek itu mudah diingat.
Labels: